BLOG

   Pasti semua pernah mendengar kata "blog". Yak kali ini kita akan membahas apa itu blog. Blog adalah suatu situs web yang biasanya dikelola perseorangan yang berisi pengalaman pribadi, foto foto, video dan lain-lain. Tetapi blog terkadang juga bisa mem
berikan info-info terkini maupun yang sudah lampau. Cara membuat blog sangat lah mudah, dengan hanya membuat account kita langsung bisa membuat blog kita sendiri. Dengan fasilitas Blogger ataupun Wordpress kita bisa membuat blog sendiri.
Blogger: http://blogger.com
WordPress: http://wordpress.com

Berdasarkan Jenisnya

Online Diary / Online Journal / Personal blog. Blog yang berisi hal – hal seperti pengalaman, opini, atau pendapat pribadi dari blogger yang mempublish-nya. Entah ber-niche atau tidak, satu poin penting dari personal blog adalah jenis blog ini mengandalkan spontanitas dari blogger itu sendiri. Update dilakukan ( bisa berupa update teratur atau tidak ) setiap blogger memiliki “sesuatu” utuk disampaikan via blog nya. Contoh : http://rahard.wordpress.com ( Budi Rahardjo ), http://radityadika.com ( Raditya Dika )
Corporate Blog. Blog yang di publish oleh korporasi. poin pentingnya adalah, blog ini merupakan online representative atau “wajah dari perusahaan” tersebut di ranah internet. BIasanya berkontenkan langkah – langkah yang diambil oleh perusahaan, press realease, konfirmasi terhadap suatu isu tertentu, budaya perusahaan, ulasan mendalam tentang suatu isu yang berkaitan dengan perusahaan, dsb. Contoh : http://ycorpblog.com ( Yahoo! ) , http://googleblog.blogspot.com ( Google ) , http://www.boeingblogs.com/randy/ ( Boeing )
Project / Product Blog. Blog yang berisi tentang perkembangan suatu project / product. Baik project / produk tersebut berupa aplikasi web , varian baru dari suatu produk, dsb . konten dari blog jenis ini menampilkan perkembangan atau kabar terbaru dari project / produk tersebut. Contoh : www.ymessengerblog.com ( Yahoo! Messanger ), http://googlechromereleases.blogspot.com ( Google Chrome )

Niche Blog.
Blog yang kontennya berfokus pada suatu niche atau topik tertentu. Pada umumnya, blog jenis ini membuat ‘blog’ nya menjadi subjek dari post yang dibuat, alias tidak menunjukan karakter dari penulis konten melainkan karakter dari blog itu sendiri. Blog jenis ini merupakan jenis blog yang mudah untuk di monetisasi ( monetisasi = menghasilkan uang ) karena memiliki target pembaca tertentu. http://publishedmind.blogspot.com ( Teknologi ), http://navinot.com ( IT in social way )

Berdasarkan Tujuannya

Blog untuk berorientasi personal. Poin – poin yang mencirikan blog jenis ini : niche nya seringkali beragam, dan bahasa yang digunakan subjektif atau berorientasi pada penulis post ( blogger oriented ). http://hermansaksono.com ( Herman Saksono )
Blog untuk Personal Branding. Blog yang dibuat untuk mempromosikan “kapasitas” atau kemampuan dari si pembuat blog / blogger. Ciri – ciri umumnya : membahas niche tertentu, banyak berisi ulasan mendalam, penggunaan bahasa yang formal atau semi formal, dan blog menunjukan karakter si blogger. Contoh : http://muhammadisman.blogspot.com ( Trainer ), http://hermawan.typepad.com ( Marketing Consultant ), http://romisatriawahono.com ( IT Consultant )
Blog untuk Monetisasi. Sering juga disebut, build for adsense, meskipun selain PPC ( Adsense ) ada juga sumber income lainya. Blog yang berorientasi pada pengunjung. informasi yang ditampilkan berorientasi pada pengunjung karena diharapkan blog memiliki banyak pengunjung. banyak pengunjung = high traffic = high clicks = high income. :) . Blog jenis ini pada umumnya sangat memperhatikan aspek – aspek yang menunjang supply traffic untuk blog, seperti aspek SEO, widget social bookmark, dsb dsb. http://problogger.net, http://shoemoney.com
Blog untuk portofolio. Blog yang menampilkan hasil karya dari blogger. pada umumnya blog jenis ini dibuat untuk menampilkan karya desain, fotografi ( photoblog ), dan komik ( comicblog ). contoh : http://chickenstrip.wordpress.com, www.my-photo-blog.com/
Blog untuk katalog. Blog yang kontennya berisikan daftar hal – hal yang menarik untuk blogger. Pada umumnya katalog design, kumpulan link – link, dsb. Contoh : http://bestwebgallery.com, http://cssgallery.com

Berdasarkan Kontennya (Tipe media yang digunakan)

Note: Tipe ini benar-benar adaptasi bebas dari wikipedia. (kecuali copy paste blog, itu saya buat sendiri) Untuk lebih lengkapnya, silahkan langsung berkunjung ke artikel wikipedia mengenai blog
Vlog - singkatan dari Video Blog. Blog yang kontennya berisikan video. Contoh: NotSoGeeky
LinkLog - Blog yang kontennya berisikan kumpulan link. Contoh: Jennifer’s LinkLog
Sketchblog - Blog yang berkontenkan kumpulan sketsa portofolio pemiliknya. Contoh: Kristen’s Sketchblog
Photoblog / Phlog – Blog yang berkontenkan foto. Contoh: Kathleen Connally’s Photoblog
Tumbleblogs - blog berisikan entri text pendek dan kombinasi berbacai media. Contoh: poetsch.org’s tumbleblog
Typecasting Blog – Blog yang kontennya merupakan tulisan yang diketik menggunakan mesin tik / tulisan tangan / notes yang lalu di scan dan dipublikasikan melalui blog. Contoh: Type-Ten.com
Splog - singkatan dari spam blog. Blog berisikan HANYA iklan and nothing else. Terkadang disepipi beberapa konten copy paste. Contoh: Come on, sudah terlalu banyak blog seperti ini. Masa harus di beri tahu?
Blog iklan baris – Blog berisi iklan baris. Iklan, iklan dan iklan. Contoh: http://blogiklanbaris.com/

Blog Copy Paste
- Blog yang kontennya copy paste dari blog lain. Contoh: Well, sepertinya tanpa saya cantumkan juga anda akan banyak menemukannya ;)

Berdasarkan Device (tools yang digunakan)

Moblog - Blog yang di update menggunakan perangkat mobile. Contoh: Dori’s Moblog

Berdasarkan Genre

Note: Again, ini adalah adaptasi bebas saya dari artikel wikipedia.
Blog juga dapat di kategorikan berdasarkan genre atau topik yang dibahasnya. Karena blog dapat membahas hampir apapun (bahkan ada juga blog mengenai blog kan? ;) ), maka saya hanya akan mencantumkan beberapa genre saja, seperti yang di cantumkan di wikipedia:
  • Personal Blog – Blog pribadi, tentang seseorang
  • Political Blog – Blog bertopik Politik
  • Travel Blog – Blog berkategorikan travelling, atau panduan travelling
  • Fashion Blog – Blog tentang fashion
  • Music Blog – Blog tentang musik
  • Education Blog – Blog tentang pendidikan
  • ETC. Banyak sekali! Cantumkan saja topik yang di bahas di depan kata ‘Blog’ :D

Berdasarakan Protokol

Note: Idem dengan berdasarkan konten, sourcenya dari wikipedia
Blog – Blog yang berada di jaringan world wide web dan menggunakan protokol hypertext transfer protocol (http). Merupakan singkatan dari weblog: logging the web.
Phlog – Blog yang menggunakan protokol Gopher. Jika “B” dari blog berasal dari kata “Web”, maka “Ph” dari Phlog berasal dari kata “Gopher”. Contoh: Port70 Phlog (gopher link)
*****************************
Perlu diketahui, tidak semua blog strict berada dalam satu jenis seringkali sebuah blog termasuk kedalam dua jenis blog sekaligus. kebanyakan blog berjenis campuran ini dari kelompok Blog berorientasi personal dan Blog untuk personal branding. Well, Bagaimana menurut anda? Blog anda termasuk ke dalam jenis yang mana? ;)

0 comments:

Post a Comment

 

Every Single Lives © 2012 Design by Farras Anindra | Sponsored by Google